cara cepat mengobati batuk pilek pada bayi

Gimana sih cara mengobati sendiri batuk pilek pada bayi?? mungkin pertanyaan ini banyak dialami oleh para ibu yang memiliki anak bayi, apalagi ibu muda yang belum memiliki pengalaman mengurus bayi sebelumnya. dan sedikit anti atau takut memberikan obat kimia dari rumah sakit.

Batuk pilek memang merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak bayi, hal ini sebetulnya wajar-wajar saya, terlebih bila bayi sudah berumur 6 bulan ke atas.karena biasanya pada usia bayi tersebut asupas ASI sudah mulai dikurangi dan diganti secara bertahap dengan makan pendamping ASI.Akibat dari hal tersebut sisitem kekebalan tubuh bayi menjadi berkurang dan tentu saja hal ini membuat bayi rentan terserang virus atau bakteri penyebab batu pilek.

Penyakit batu pilek pada bayi yang disebabkan oleh virus sebenarnya dapat disembuhkan tanpa harus menggunakan obat kimi. Karena seperti kita sudah ketahui penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Karena pada dasarnya tubuh manusia memiliki sisitem pertahanannya sendiri yang sering disebut sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berikan makanan dengan gizi yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap virus penyebab penyakit. cara sederhana mengobatinya bila bayi kita terserang virus yang menyebabkan batuk pilek adalah dengan banyak memberikan ASI bila si bayi masi menkonsumsi ASI, bila tidak bisa dengan memberikan air putih dalam jumlah yang banyak namun tentu saja masih dalam batas toleransi.
Hangatkan tubuh bayi dengan minyak kayu putih atau sejenisnya, serta bila perlu jemur bayi pada matahari pagi. Memberikan madu dan jeruk nipis jika si anak juga terserang batuk (selain pilek). Namun sebaiknya diberikan hanya pada anak berusia di atas 2 tahun. Memberikan sup ayam hangat, yang berfungsi meredakan hidung tersumbat.
Namun Anda perlu menghubungi dokter bila batuk pilek tersebut tidak sembuh dalam waktu seminggu, hal ini untuk mengetahui lebih lanjut penyebab penyakit yang diderita bayi Anda sehingga dokter dapat memberikan penanganan yang tepat untuk mengobati batuk pilek pada bayi Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: