Menghindari Serangan Penyakit Jantung

Sumber: www.AnneAhira.com

Sampai saat ini penyakit jantung masih dinyatakan sebagai penyebab kematian manusia utama. Setiap ada orang yang meninggal kebanyakan akibatnya adalah karena terkena penyakit yang satu ini. Maka tidak mengherankan bila ada yang menyebutkan bila serangan jantung telah menjadi mesin pembunuh nomor satu di dunia.


Agar Tidak Terkena Penyakit Jantung

Dan yang lebih memprihatinkan lagi hingga sekarang para dokter dan ahli kesehatan yang lain belum menemukan sistem pengobatan yang paling jitu untuk menyembuhkan atau menghentikan serangan penyakit jantung dengan tepat dan mujarab.

Jadi yang bisa kita lakukan saat ini adalah mengetahui bagaimana penyakit serangan jantung ini bisa muncul. Dari sini kemudian kita bisa melakukan antisipasi untuk menghilangkan atau meminimilasi terhadap serangan penyakit yang memamatikan ini. Adapun beberapa usaha yang bisa kita jadikan untuk alat antisipasi tersebut antara lain adalah :

  1. Mengatur pola makan

    Salah satu penyebab utama dari serangan jantung adalah karena kita tidak bisa mengatur pola makan yang baik dan sesuai dengan standar kesehatan yang ada terutama untuk kesehatan jantung. Jadi mulai saat ini kita harus bisa merubah kebiasaan yang tidak baik terhadap pola makan yang telah kita jalani selama ini.

  2. Mengatur waktu

    Terutama sekali waktu untuk bekerja isitirahat serta kegiatan yang lain. Bila badan sudah terasa lelah dan capai serta waktunya untuk melakukan istirahat maka segera hentikan pekerjaan yang sedang dilakukan. Apalagi bila jenis pekerjaan tersebut banyak menguras tenaga serta pikiran. Istirahat merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari terjadinya serangan penyakit jantung.

  3. Olahraga

    Olahraga juga merupakan salah satu usaha yang harus dilakukan secara rutin untuk menghindari terjadinya serangan penyakit jantung. Dan seperti halnya dengan pekerjaan, dalam melakukan olahraga juga jangan terlalu berlebihan. Segera hentikan kegiaan tersebut bila badan sudah terasa lelah apalagi ketika nafas sudah mulai tidak teratur atau terasa berat.

  4. Hindari stress

    Pikiran berat dan stress juga mampu membuat jantung harus bekerja lebih keras melebihi kemampuannya. Bila hal ini terjadi secara terus menerus maka kemungkinan untuk terkena serangan penyakit jantung juga menjadi besar. Untuk itu bila ada suatu masalah jangan terlalu dipikirkan. Lebih baik kita rajin melakukan doa dan pasrah kepada DIA. Maka pikiran akan menjadi tenang dan jantung juga tidak perlu berpacu dengan lebih cepat.

  5. Lakukan cek up

    Dalam jangka tertentu lakukan pemeriksaan kepada dokter ahli jantung terhadap kondisi organ kita yang sangat vital ini. Terutama sekali bila kita merasa ada suatu kelainan. Misalnya dada sering berdebar debar, nafas tidak teratur serta gejala penyakit serangan jantung lainnya. Sehingga bila terdapat suatu gangguan bisa segera dilakukan antisipasi atau tindakan yang lain secepatnya.

  6. Rajin mencari informasi

    Bila ada waktu yang longgar, carilah berbagai macam informasi yang berhubungan dengan penyakit serangan jantung. Karena ilmu kesehatan itu terus berkembang. Maka kita juga akan bisa mengetahui bagaimana cara penanganan dini terhadap penyakit ini sehingga kita tidak perlu merasa panik bila kita sendiri atau ada orang lain di sekitar kita yang terkena.

Comments are closed.

%d bloggers like this: