Gunung Kidul Diruwat Para Dalang

Gunung Kidul (ANTARA News) – Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Cabang Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar pertunjukan wayang kulit sebagai tradisi “ruwat bumi” yang bertepatan dengan malam pergantian tahun dari 2010 ke 2011 di Wonosari, Gunung Kidul.

“Tujuannya untuk keselamatan seluruh warga kabupaten ini, termasuk agar terhindar dari segala bencana,” kata Ketua Cabang Gunung Kidul Heri Sadewo di Wonosari, Senin.

Ia mengatakan dua dalang akan tampil sekaligus dalam “ruwat bumi” tersebut, yaitu Sakiyo dan Agus Prabowo yang keduanya adalah kepala desa.

Sakiyo Kepala Desa Wareng Kecamatan Wonosari, sedangkan Agus Prabowo Kepala Desa Natah Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul.

“Kami sudah merencanakan pertunjukan wayang kulit ini sejak lama, dan mengurus semua perizinan, serta mengundang para pejabat Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul untuk menyaksikannya,” katanya.

Heri mengatakan pergelaran wayang kulit tersebut juga ntuk melestarikan kesenian tradisional.

“Wayang dalam alur ceritanya selain memberikan tontonan, juga memberikan tuntunan, sehingga kesenian ini perlu dilestarikan, jangan sampai punah,” katanya.(*)

ANT/M008/AR09

View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: