Wisdom 2010 Hasilkan Rekomendasi untuk WCF 2012

Yogyakarta (ANTARA News) – Konferensi internasional Wisdom 2010 yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menghasilkan rekomendasi dalam bentuk “Deklarasi Wisdom 2010” untuk World Culture Forum 2012 di Bali.

“Deklarasi Wisdom 2010” yang berisi delapan rekomendasi itu dibacakan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga pemenang The Young Entrepreneurship 2009, Ance Triomarta pada penutupan konferensi internasional tersebut di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu.


Deklarasi itu kemudian diserahkan secara simbolis oleh Rektor UGM Sudjarwadi kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik. Selanjutnya, Menbudpar akan menyampaikan deklarasi tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


“Deklarasi itu akan kami sampaikan kepada Presiden SBY sebagai rekomendasi penyelenggaraan World Culture Forum (WCF) 2012 di Bali. WCF merupakan gagasan Presiden SBY untuk menjadikan forum itu sebagai pasangan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss,” kata Menbudpar.


Isi “Deklarasi Wisdom 2010” antara lain Indonesia mengemban tugas tanggung jawab untuk membentuk sebuah forum kebudayaan antarbangsa, keragaman budaya menjadi komponen penting dan berharga yang harus dirangkul.


Selanjutnya, memprioritaskan penyelamatan kebudayaan yang terancam punah, pentingnya keterlibatan masyarakat dalam perlindungan dan revitalisasi budaya, pengembangan kebudayaan harus diberikan peran sederajat dalam manajemen dan perencanaan tingkat nasional dan internasional masyarakat modern.


Selain itu, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan adalah pilar-pilar pokok bagi dialog kebudayaan yang kokoh dan membumi, forum kebudayaan membahas isu-isu budaya global dan demi keberhasilan dialog yang produktif, dan forum kebudayaan harus melibatkan tokoh-tokoh berpengaruh dengan perspektif yang beragam dan bahkan kontroversial.


Konferensi internasional Wisdom 2010 yang berlangsung di UGM pada 5-8 Desember 2010 itu diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai negara dan 30 utusan perguruan tinggi di Indonesia.(*)


(L.B015*E013/H008/R009)


View the original article here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: