Cristiano Ronaldo sang Fenomena

cristiano-ronaldoSiapa yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo, bahkan orang awam dan yang ngga suka sepakbola sekalipun pasti mengenal Cristiano Ronaldo, atau minimal pernah denger namanya. Kehebatan dan ketenaran Cristiano Ronaldo mampu menggusur dan menenggelamkan nama besar pesepakbola Brasil Ronaldo yang pernah menjadi pemain terbaik dunia pada masanya.

Kini jika orang menyebut Ronaldo, maka yang dimaksud adalah Cristiano Ronaldo playmaker Manchester United, bukan Ronaldo pemain Brasil itu. Cristiano Ronaldo yang pernah berkunjung ke Aceh pasca bencana Tsunami itu, bukanlah apa-apa ketika Ronaldo Brasil menjadi pemain terbaik Dunia.

Kini Cristiano Ronaldo adalah seorang super star, megabintang atau apalah yang menggambarkan kehebatan anak muda asal Portugal ini. Karir Ronaldo mulai menunjukkan peningkatan ketika dia di Transfer Manchester United dari FC Porto Portugal.

Tidak hanya di level klub, di tim nasionalpun Ronaldo tidak kalah gemilang prestasinya, debut karirnya berama Timnas Portugal yaitu pada bulan Agustus 2003 saat Portugal melawan Kazakhstan. Di pembukaan Euro 2004, Portugal kalah dari Yunani dengan hasil 2-1. Pada saat semifinal melawan Belanda, Ronaldo menciptakan gol pertamanya dengan hasil akhir 2-1 kemenangan bagi Portugal. Ronaldo menghantarkan Portugal ke Olimpiade Musim Panas 2004, dan ia menjadi skor tertinggi nomor dua fi Kualifikasi Piala Dunia FIFA di zona Eropa dengan 7 gol. sampai tanggal 17 Juni 2005, skor Ronaldo adalah 11 gol dalam 25 pertandingan untuk Portugal.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro nama lengkapnya, lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di Funchal Portugal. Cristiano Ronaldo mulai bermain sepakbola pada saat usianya tiga tahun. Tim favoritnya ketika masih muda adalah SL Benfica. Ia bermain untuk pertama kalinya dengan tim amatir, Andorinha, ketika usianya 8 tahun. Tahun 1995, reputasi Cristiano Ronaldo sudah berkembang di Portugal.

Dua tim sepakbola terkenal, CS Marítimo dan CD Nacional tertarik dengan Cristiano Ronaldo. Marítimo, salah satu tim terbesar tertinggal mengadakan rapat dengan manajer Andorinha, hasilnya Ronaldo masuk ke CD Nacional. Setelah mendapatkan juara di Nacional, Ronaldo pindah ke Sporting CP dan memulai debut pertamanya bersama Sporting ketika melawan Moreirense dan langsung mencetak dua gol.

Penampilannya di kejuaraan Piala Eropa U-17 menjadi perhatian Manajer klub elit Eropa. Yang pertama kali melihat penampilan Ronaldo adalah manajer Liverpool F.C, Gerard Houllier. Tetapi Liverpool menolaknya karena Ronaldo masih terlalu muda dan memerlukan waktu untuk berkembang menjadi pemain sepakbola yang terkenal.

Pada tahun 2003, Ronaldo mendapat perhatian dari Sir Alex Ferguson, ketika Sporting mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1 di inagurasi Alvalade XXI di stadium Lisbon.Ferguson memutuskan menginginkan pemain muda untuk timnya, Ronaldo menandatangani kontrak dengan harga £12.24 juta. Debut pertamanya dengan Manchester United (MU) adalah pada saat melawan Bolton Wanderers di menit ke-60 di stadion Old Trafford dengan kemenangan MU 4-0.

Kini Cristiano Ronaldo layak menyandang julukan The Phenomenon, sebuah julukan yang pernah disandang Ronaldo asal Brasil.

8 Responses to Cristiano Ronaldo sang Fenomena

  1. ika says:

    pesepakbola ini emang keren yah.. saya juga suka

  2. pensiun kaya says:

    salam kenal mas, mudah2an silaturahmi kita terus berlanjut. nuhun

  3. negeri hijau says:

    kita berharap agar dia juga tetap menghargai penggemarnya dan tidak menjadi besar kepala

  4. nA says:

    saya gak pernah paham ama sepak bola.. yang saya paham, pemaennya yang dari negeri bule2 itu yang caem, cakep en keren-keren… hehehhee…

    salam kenal, thanks udah mampir blog saya…

  5. mysheryll says:

    oh gt ya ..
    hehe ..
    sy jg ga ngerti2 amat soalnya..asal nge-post aja .

    thx for d comment =)

  6. Pingback: Thoy2's Blog

  7. Hepi says:

    Ronaldo tue mank the best ! Sesekali ke samarinda yae mampir ke rumah ku !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: