Meditasi Visualisasi

meditasiApakah Anda tertarik untuk mencoba beberapa teknik meditasi untuk membantu Anda bersantai dan melepaskan stres Anda? Mungkin banyak yang berfikir meditasi merupakan prosedur yang rumit, memerlukan banyak pengetahuan dan keterampilan, tetapi pada intinya, meditasi hanyalah tentang fokus dan relaksasi.

Visualisasi adalah teknik yang sangat baik untuk praktek meditasi. Langkah-langkah yang mudah diikuti, dan Anda dapat melakukan latihan meditasi ini di rumah Anda sendiri. Anda dapat merencanakan setiap saat sepanjang hari, tetapi pagi hari adalah waktu yang ideal. Anda akan memiliki lebih sedikit gangguan.

Sebelum memulai, cari tempat yang menurut anda paling nyaman, aman dan damai, suatu tempat di mana Anda merasa tenang jika berada di dalamnya. Sekarang atur kursi dalam posisi yang nyaman, duduk dengan punggung lurus santai tapi tegak lurus. Duduk di manapun Anda merasa paling enak, baik di kursi, di lantai, karpet dengan  bantal, atau di tempat tidur. Orang yang sering merenung biasanya duduk bersila di lantai, namun jika Anda merasa tidak nyaman,  Anda dapat menjulurkan kaki lurus ke depan. Yang penting adalah bahwa Anda bisa santai dengan posisi yang Anda pilih.

Setelah Anda mantap dengan posisi, biarkan tubuh Anda rileks dan tutup mata Anda. biarkan ini selama satu atau dua menit untuk menenangkan pikiran dan mengendurkan syaraf.

Visualisasi latihan ini terdiri dari fokus pada objek tertentu. Anda dapat memilih objek apapun yang anda inginkan, seperti sebuah pohon, sebuah lilin atau bahkan hewan favorit. Bayangkan objek yang Anda sentuh, rasakan teksturnya, halus atau kasar; bentuk-nya, curve atau tajam, dan warna. Selanjutnya, gambarkan  sendiri dalam fikiran Anda mengenai objek Anda. Mencoba untuk tetap tenang dan santai selama visualisasi meditasi. Jangan penuhi pikiran Anda dengan hal-hal lain, hanya fokus pada objek.

Pastikan bahwa Anda tidak berada dalam suana bersisik dari luar ruangan, jadi seperti yang sudah dijelaskan di atas sangat penting untuk memilih tempat yang tenang untk bermeditasi, sehingga lokasi terpencil sangat penting untuk keberhasilan Anda.

Untuk mencapai tujuan ini pada prakteknya memang tidaklah mudah. Namun seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat memvisualisasikan obyek dengan mudah dan alami. Dan Anda akan mencapai tujuan Anda belajar bagaimana untuk bersantai untuk tubuh dan pikiran Anda.

2 Responses to Meditasi Visualisasi

  1. Eko says:

    mohon bantuannya jika saya ingin mempelajari lebih jauh ttg meditasi ini dimana ya? apakah ada site atau eBook yang baik ?
    sebab saya sulit utk melakukan samatha ataupun vipassana dikarenakan pikiran yang aktif.
    terima kasih.

  2. Tomazz says:

    Meditasi visualisasi dg pembayangan obyek,seperti (uang 1 milyar, rumah mewah, mobil BMW) apa yg kita inginkan di dunia materi akan bisa terwujud di kemudian hari cepat/lambat apabila visualisasi di lakukan setiap hari, penggambaran obyek benda sprti tekstur, warna jelas. Ini termasuk jenis doa yg kreatif. Semoga manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: