Blog berbayar atau gratisan??

cocc_125x150px_1

Dunia blogging di Indonesia sekarang sedang tumbuh berkembang sepeti anak perawan beranjak dewasa. Memang tidak ada angka yang pasti berapa jumlah pengguna internet di negeri kita yang mempunyai Blog. Tapi, jika kita melihat fakta di bawah ini, bahwa ;

  • Buku yang mengulas cara membuat blog atau website hampir selalu laku terjual, apalagi buku tentang cara mengoptimalkan blog menjadi mesin uang, laris kaya kacang goreng.
  • Banyaknya instansi seperti sekolah, kampus atau instansi pemerintah lainnya yang menyelenggarakan seminar tentang dunia blogging dan pemasaran internet.
  • Blog yang mengulas tips mengoprek blog juga selalu dibanjiri visitor.
  • Download gratis e-booknya juga di internet menjamur, dan banyak peminatnya

Untuk memilik blog kita tidak harus paham dan mengerti bahasa pemrograman seperti kode PHP, HTMl atau sejenisnya, karena sekarang sudah banyak CMS (content Management System) yang bersifat gratisan (open source) seperti WordPress atau Joomla. Kemudahan inilah yang menjadi salah satu pemicu menjamurnya blogger di Indonesia. Untuk yang baru mulai, kebanyakan dari mereka memang menggunakan blog gratisan (seperti saya juga). Banyak sekali yang menyediakan fasilitas membuat blog gratisan di internet, diantaranya : WordPress, Blogger, Multiply, Live Journal, dll. Untuk sekedar mencoba dan iseng-iseng sebaiknya memang pake yang gratis. Karena kebanyakan para pemula selalu ingin mencoba sesautu yang baru, setelah bosan terus ditinggalkan deh, kan sayang kalau harus pake domain dan hosting berbayar.Tapi jika kita ingin serius dan berniat berbisnis online melalui blog, sebaiknya menggunakan domain sendiri dan menyewa hosting. Akan terlihat lebih baik dan bonafid jika nama blog kita misalnya http://www.usahakita.com, daripada http://www.usahakita.blogspot.com.

Jika memang kita ingin membuat blog dengan domain sendiri mau tidak mau kita harus keluar uang untuk itu, biaya untuk domain itu sendiri tidak lebih dari 100 ribu, untuk domain .com Rp. 60.000 kalau yang lain seperti misal .tv memang lebih mahal, sementara biaya sewa hosting beragam tergantung layanan siapa yang kita pakai. Tapi kalau kita ingin membuat blog dengan domain sendiri, kita dapat menggunakan domain dan hosting gratisan yang saat ini sangat banyak di internet. Kita dapat membut blog dengan nama seperti http://www.namakita.co.cc lebih pendek dan terlihat keren karena tidak ada embel-embel blogspot atau wordpress di belakangnya, yang menjadikan alamat blog kita panjang kaya kereta api… Untuk segera mendapatkan domain gratis .co.cc klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: